Siklus Hidup Ikan Gurame

Pertumbuhan ikan gurameIkan gurami memiliki siklus hidup seperti halnya ikan ikan tawar lainnya, misalnya ikan emas. Siklus hidup ikan gurame ini dimulai dari telur, Urutan siklus ikan gurami adalah telur, larva, benih, konsumsi, calon induk dan induk.

Walupun siklus hidup ikan gurame hampir sama dengan siklus hidup ikan emas, namun iklan gurame memiliki sifat hidup yang berbeda dengan ikan emas dan juga ikan lainnya. Hal ini terlihat pada saat ikan gurame bertelur, yaitu ikan gurame akan bertelur pada tempat khusus yaitu di dalam sarang,sedangkan ika emas bisa bertelur dimana saja. inilah keunikan ikan gurame bila dibandingkan dengan jenis ikan tawar lainnya. Selain itu , pada saat telur baru keluar dari induknya maka telur ikan gurami akan melayang dan tidak tenggelam, biasanya di daerah sekitar sangkar permukaan air akan terlihat seprti minyak.


larva Ikan Gurame
Siklus yang unik pada ikan gurame terjadi  mulai dari fase telur menuju larva, Dimana pada fase ini terjadi pembentukan hampir semua organ tubuh. Disinilah masa kritis dalam kehidupan ikan gurami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar