Gurame

Ikan Gurame atau gurami(Osphronemus goramy) dan sebagian masyarakat indonesia ada yang menyebut ikan Gurameh adalah sejenis ikan tawar yang populer dan disukai sebagai ikan konsumsi di wilayah Asia Tenggara dan Asia Selatan. Selain di negara-negara tersebut, gurami juga sering dipelihara sebagai ikan hias di dalam akuarium.

Ikan Gurame memiliki bentuk tubuh yang lebar dan pipih, Ikan gurame memiliki panjang dari ujung mulut sampai ujung ekor bisa mencapai mencapai 1.000 mm (1 Meter).Memiliki susunan tubuh dengan Sirip perut dengan jari-jari pertama yang pendek berupa duri dan jari-jari kedua yang lentur panjang serupa cambuk.

Ikan Gurame yang muda memiliki moncong yang meruncing, dengan 8-10 pita melintang (belang) di tubuhnya.Jika Ikan Gurame mulai beranjak dewasa, maka warna-warna ini akan memudar, dan kepalanya  akan membengkak secara tidak teratur.

Jenis Budidaya Ikan Guram

Secara garis besar, budidaya gurami dibagi dalam 3 bagian utama, ini disebabkan pertumbuhan gurami yang lambat. ketiga bagian tersebut adalah:

  1. Pembibitan: Pembudidaya menyiapkan Induk Gurami (jantan dan betina) untuk dipijahkan (bertelur),
  2. Pendederan: Pembudidaya menetaskan telur menjadi larva hingga gurami dengan ukuran tertentu, biasanya ukuran 125 gram/ekor, atau 8 ekor/kg
  3. Pembesaran: Pembubidaya membesarkan gurami dari ukuran 125 gram/ekor menjadi 400 gram hingga 1 kg/ekor, umumnya disebut sebagai ukuran konsumsi.

Pembudidaya ikan gurame dapat memilih ketiga bagian tersebut atau memilih salah satu bagian saja, biasanya berhubungan dengan luas lahan dan kemampuan budidaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar